Sepeda
motor untuk motogp di buat khusus dan memenuhi standar yang dibuat oleh
penyelengara motogp. Satu lagi motor dengan kapasitas 800 cc dengan
putaran mesin antara 17500 - 18000 ini tidak untuk dijual di pasaran dan
tidak boleh di tunggangi dijalanan.
Sepeda
motor motogp di buat dari material yang bermutu tinggi dan harga yang
selangit seperti, titanium, serat karbon yang di perkuat.
Selain
itu motor motogp di persenjatai dengan perangkat elektronik yang
canggih termasuk telemetri, engine management systems, kontrol traksi,
rem cakram karbon, dan teknologi mesin modern yang diadopsi dari
teknologi mesin mobil F1.
Mesin
Motogp yang digunakan adalah tipe empat langkah (4 tak), bisa terdiri
dari dua selinder sampai enam selinder dan mempunyai berat minimal untuk
masing-masing jumlah silinder.2 selinder kebawah berat minimal 133 kg, 3 selinder 140.5 kg,4 selinder148 kg,5 selinder 155.5 kg,6 selinder atau lebih berat minimal 163 kg.
Dengan
kecepatan puncak yang bisa mencapai 347 km/jam, rem merupakan senjata
yang sangat di perlukan oleh para rider di motogp. Dengan rem yang
mumpuni di tambah dengan skill, pembalap bisa melakukan overtaking di
tikungan.
Rem
motor di motogp harus memenuhi ringan, kuat dan tahan panas. Material
yang digunakan biasanya serat karbon atau baja untuk cakramnya. Sebagai
perbandingan untuk diameter yang sama cakram karbon beratnya 750 gram
sampai 800 gram, sedangkan baja 1200 gram sampai 1600 gram.
Selain
bahan, desain rem motogp sangat komplit karena akan mempengaruhi
stabilitas saat pengereman, selain itu rem untuk masing-masing team di
jatah 6 sampai 8 per musim dan di buat oleh dua pabrikan Brembo dan
Nissin. http://oyonk23.blogspot.com/2012/08/fakta-tentang-teknologi-motogp.html
Rangka sepeda
Mesin motogpRem cakram
Tidak ada komentar:
Posting Komentar